Pages

Tuesday, November 23, 2010

Caramel Cake



caramel


              Seumur-umur ini cake caramel kedua yang pernah dibuat, yang pertama cakenya kering gara-gara kelamaan manggang dan rasanya udah kayak sendal jepit mana gosong pulak hahahaha...itu mungkin setengah tahun yang lalu pas kita masih di Mumbai (hoho uda lama bangeet), dan ini kali kedua gue mencoba resep yang sama dan dari awal udah hati-hati banget mengikuti step by stepnya, luluslah sampai tu adonan masuk ke loyang.. 45 menit berlalu dan cake itu masih didalam oven eng ing eeenng, mode oven nya gambar ayam bukan yang gambar cake.. halaaahh mo pingsan rasanya (lebaay xixi).. Pasrah sajalaah pada keadaan, 15 menit terakhir sempet-sempetnya gue ganti ke mode baking (sebelumnya ga tau mode apaan secara ga pernah baca manual book tu oven yaa).. Pas udah dingin buru-buru ambil pisau ngorek pinggirnya karena lengket sama loyang yang bawah (cake nya agak bocor kayaknya karena pake loyang bongpas), waktu dipotong dalemnya oke bangeet gak ada cacat sedikitpun dan yummy bangeeet, padahal gue udah desperado berat tadinya..


caramel 2



Resep Caramel Cake
Sourch NCC

425 gram Gula pasir
450 ml Air Panas
180 gram Terigu
50 gram Tepung Maizena
8 butir Telur
150 gram Margarin
2 sdt Baking Soda
200 ml Susu Kental Manis


Cara Membuat

  1. Panaskan oven 180C, oles loyang tulban dengan margarin lalu taburi tepung
  2. Gosongkan gula dengan api sedang sampai cair keseluruhan (jangan mengaduk gula) lalu masukkan air panas, biarkan mendidih, aduk-aduk sampai karamel larut, sisihkan
  3. Kocok mentega dan susu kental manis sampai putih, lalu masukkan telur satu per satu menggunakan mixer kecepatan rendah, masukkan terigu yang telah diayak bersama dengan baking soda menggunakan spatula aduk hingga kedasar baskom. Tuang karamel sedikit-sedikit sampai rata.
  4. Tuang ke loyang dan panggang kurang lebih 50 menit. Lakukan tes tusuk.

No comments: