Pages

Monday, December 16, 2013

Eggless Cupcake


Dari Judulnya juga udah tau yaa kalo adonan cupcake ini tidak menggunakan telur, walaupun begitu rasanya tetap enak dan lembut.. Sangat cocok untuk Vegetarian atau anak-anak yang alergi telur, yuk ini resep nya

Eggless Chocolate Moist Cake (saya jadikan cupcake)
Resep : Kak Ita

Bahan :

1 1/4 cup Terigu serbaguna ~ Saya pakai terigu segitiga
1 tsp Baking Powder 
1/2 tsp Baking Soda
1/2 cup Cokelat bubuk ~ kira-kira 50 gram
2 tbsp Susu bubuk full cream 
1 1/4 cup Air Dingin (dari lemari es) ~ Saya ganti dengan Susu UHT dingin
1 cup Gula Palem
1 tsp Vanila essence ~ Saya pakai bubuk vanila susu kalau di toko bahan kue biasanya merk Larome
1/2 tsp Coffe essence ~ Saya pakai Pasta Cokelat
1/2 tsp Garam
1/2 cup Minyak Sayur ~ Bisa disubtitusi dengan mentega dilelehkan 1:1
1 tsp Air Lemon

Cara Membuat :

  1. Panaskan oven 170 derajat cescius. Olesi loyang menggunakan mentega atau kalau saya menggunakan papaercup (tidak perlu dioles metega lagi)
  2. Ayak terigu bersama dengan baking powder, baking soda, susu bubuk dan cokelat bubuk. Masukkan garam dan gula palem aduk hingga rata.
  3. Masukkan susu cair, minyak, vanila essence, dan cokelat pasta aduk perlahan menggunakan ballon whisk hingga tidak ada tepung yang menggumpal. Terakhir masukkan air lemon/cuka, aduk rata.
  4. Tuang kedalam loyang atau paper cup. Oven selama 40 menit lakukan tes tusuk.

No comments: